cover
Contact Name
Indi Ramadhani
Contact Email
indiramadhani@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jem@unsil.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24772275     EISSN : 26857057     DOI : -
Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi secara periodik dua kali dalam setiap volume.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017" : 8 Documents clear
PERAN PRODUK, HARGA, DAN CUSTOMER SERVICE DALAM MEMBENTUK KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN KARTU PASCABAYAR Andina Eka Mandasari
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.326

Abstract

Pola pemikiran konsumen telah mengalami perubahan, terutama dalam pengambilan keputusan untuk membeli. Konsumen lebih teliti, terutama dalam hal penggunaan uang. Dengan menggunakan kartu pascabayar konsumen mendapatkan banyak benefit dari operator. Perang tarif yang terus berlangsung telah berdampak buruk bagi para operator telekomunikasi, tidak hanya menurunkan kinerja mereka namun kualitas layanan juga menurun drastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh produk, harga dan customer service terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam menggunakan jenis kartu pascabayar di wilayah Bandung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian survei. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 120 pengguna kartu pascabayar yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beraktivitas di wilayah Bandung Tengah. Untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek berbasis pelanggan Produk (X1), Harga (X2), dan Customer Service (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), kemudian pengaruh Kepuasan Pelanggan (Y) terhadap Loyalitas (Z) digunakan Analisis Jalur. Berdasarkan hasil analisis, produk dan customer service masih berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, namun harga berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan. Pengertian pengaruh negatif ini yaitu semakin murah harga, maka pelanggan semakin puas. Dibandingkan produk dan harga, customer service paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 79,59%. Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan, yaitu sebesar 57,76%. Di antara 3 variabel, customer service yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 73,10%.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH GENERASI MILENIAL PADA INDUSTRI KULINER DI KOTA TASIKMALAYA Lucky Radi Rinandiyana; Ane Kurniawati; Dian Kurniawan
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.322

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang factor yang mempengaruhi keputusan pembelian oleh generasi milenial pada industry kuliner di Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan ukuran sampel adalah 160 responden. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hipotesis yang dirancang adalah word of mouth, store atmosfer, dan store image memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosfer dan store image berpengaruh secara signifikan dalam keputusan pembelian oleh generasi milenial pada industri kuliner di Tasikmalaya.
PENGARUH KOMPETENSI INDIVIDU, KOMITMEN ORGANISASI DAN IKLIM ORGANISASI PADA KINERJA DOSEN Yuniasih, Yuyun; Herdiana, Heri
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.323

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Pertama, menganalisis pengaruh kompetensi individu, komitmen organisasional dan iklim organisasi terhadap kinerja dosen pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kedua untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap kinerja dosen pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Tasikmalaya.Responden/sampel adalah sebagian dosen pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Tasikmalaya, dengan menggunakan Proporsional Random Sampling. Tehnik statistic dengan menggunakan Regresi Linear Berganda dan uji koefisien regresi.Temuan riset menyimpulkan bahwa kompetensi individu, komitmen organisasional dan iklim organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dosen dengan F hitung dari F tabel (47,96 3,09) dan t hitung variabel kompetensi individu t tabel (7,0171,660), t hitung  variabel  komitmen organisasional t tabel  (2,8861,660) dan t hitung variabel iklim organisasi t tabel (4,0871,660).
PENGARUH ATRIBUT TOKO ONLINE TERHADAP KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DI KOTA TASIKMALAYA Alfin NF Mufreni; Agi Rosyadi; Adhitya Rahmat Taufiq
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.324

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh atribut toko online terhadap kepuasan dan kepercayaan konsumen di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bersifat deskriptif dan empiris. Penelitian deskriptif dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang atribut toko online, kepuasan dan kepercayaan konsumen. Sedangkan penelitian empiris dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel melalui perhitungan-perhitungan statistik. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada 150 orang responden yang merupakan konsumen onlainshop berbasis Business to Consumer (B2C) dengan menggunakan teknik judgement sampling atau purposive sampling. Serta alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Model (SEM) dimana atribut toko online menjadi variabel exogen dan dua variebel endogen yaitu kepuasan dan kepercayaan konsumen.
ANALISIS KESEHATAN KOPERASI SIMPAN PINJAM BERDASARKAN ASPEK PERMODALAN, MANAJEMEN, LIKUIDITAS, SERTA KEMANDIRIAN DAN PERTUMBUHAN (STUDI EMPIRIS SIMPENAN PAMEUNGKEUT BANDA (SPB) PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) DI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2015) Dedeh Sri Sudaryanti; Nana Sahroni
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kesehatan koperasi simpan pinjam dilihat dari Aspek Permodalan, Aspek Manajemen, Aspek Likuiditas, serta Aspek Kemandirian dan Pertumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan data primer dan sekunder. Data primer berupa isian kuesioner untuk penilaian aspek manajemen sedangkan data sekunder berupa data laporan keuangan koperasi simpan pinjam tahun 2004-2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan aspek permodalan dengan menilai tiga rasio dinyatakan bahwa KSP SPB dalam kondisi sehat. Berdasarkan aspek manajemen dinyatakan sehat. Berdasarkan aspek likuiditas menunjukkan KSP SPB berada pada keadaan likuid dan sehat. Berdasarkan aspek kemandirian dan pertumbuhan juga menunjukkan angka yang rendah yang menunjukkan kemampuan KSP SPB untuk menghasilkan laba dinilai rendah dibandingkan asset maupun modal sendiri yang digunakan.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS ASET, LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (PADA PERBANKAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA) Elis Listiana Mulyani; Asep Budiman
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.321

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis “Pengaruh kualitas Asset, Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas  dan Non Performing Loan terhadap Kinerja Keuangan “ pada perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskripsi dan korelasional dengan alat analisis yang digunakan adalah regressi berganda dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak signifikan kualitas assets, Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas dan Non Performing Loan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan secara parsial Kualitas Asset dan Non Performing Loan yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja keuangan.
PERAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DALAM MENENTUKAN KOMITMEN YANG DIPENGARUHI PERUBAHAN LINGKUNGAN ORGANISASI Gusti Tia Ardiani; Adhitya Rahmat Taufiq
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.325

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh perubahan lingkungan organisasi terhadap komitmen, serta menguji peranan dari karakteristik individu sebagai variabel moderasi hubungan antara perubahan lingkungan organisasi terhadap komitmen. Penelitian ini bersifat deskriptif dan empiris. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada 115 orang responden dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi moderasi metode interaksi dengan perubahan lingkungan organisasi sebagai variabel bebas, komitmen sebagai variabel terikat dan karakteristik individu sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan lingkungan organisasi memiliki pengaruh besar dalam menentukan komitmen dosen. Selain itu karakteristik individu juga terbukti dapat menjadi quasi moderator dimana dapat menentukan tinggi atau rendahnya komitmen yang dipengaruhi oleh perubahan lingkungan organisasi yang terjadi.
STUDI DETERMINASI KECERDASAN EMOSI, KEPUASAN KERJA, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR Indi Ramadhani
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.327

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginvestigasi pengaruh kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behaviour di Sekretariat Daerah Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan depth interview. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 72 pegawai Sekretariat Daerah kota Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap organizational citizenship behaviour. Oleh karena itu, instansi diharapkan untuk meningkatkan kecerdasan emosi pegawai dari sisi empati agar dapat meningkatkan intensitas komunikasi antar rekan kerja dan atasan dan lebih meningkatkan sense of belonging pegawai dengan cara meningkatkan program benefit and service.

Page 1 of 1 | Total Record : 8